LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Agar Tetap Fit Saat Berpuasa

Saat berpuasa memang cadangan energi pada tubuh kita akan berkurang dari hari biasanya. Sehingga tubuh terasa sedikit lemah, lemas dan kurang bertenaga. Namun ibadah puasa bukan menjadi alasan bagi kita untuk mengurangi produktivitas dalam bekerja.

Baca juga :  Manfaat Melatih Anak Berpuasa Ramadhan

Agar kita bisa tetap semangat dan berenergi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari maka ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam mengkonsumsi makanan yang tepat dan cukup nutrisi baik karbohidrat, vitamin, protein dan mineral saat berbuka dan sahur.
Bersepeda
Berikut tips-tipsnya :
  • Makan dengan porsi yang cukup, tidak terlalu banyak karena makan terlalu banyak akan membuat kita tidak nyam perut terasa kekenyangan. Tetapi juga makan tidak terlalu sedikit karena kebutuhan kekurangan cadangan energi sehingga menjadi kurang bertenaga dan konsentrasi menurun.
  • Minum air yang cukup karena air sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh, kekurangan air saat berpuasa akan membuat tubuh menjadi lemas. Maka minumlah air dengan cukup saat berbuka dan sahur.
  • Makan perlahan dan kunyah dengan halus. Dengan demikian maka makanan akan mudah diserap oleh tubuh nutrisinya. Jika makan terburu-buru atau terlalu cepat nutrisinya akan sulit dan kurang maksimal untuk diserap tubuh.
  • Cukup konsumsi karbohidrat, protein dan vitamin sangat penting untuk menjaga agar tetap berenergi pilihlah karbohidrat yang kompleks sehingga tidak cepat lapar seperti contohnya beras. Sebaiknya tidak hanya mengkonsumsi mie instan saat sahur karena mie hanya memberikan rasa kenyang sementara dan sangat cepat untuk merasa lapar. Jangan lupa untuk mengkonsumsi protein baik ikan, daging, susu untuk menambah tenaga.
  • Beraktivitas dengan cukup, terlalu banyak tidur juga akan membuat tubuh akan terasa lemas. Dengan cukup beraktivitas maka tubuh akan tetap Fit dan bugar untuk menjalankan ibadah puasa bisa dengan berolahraga ringan bersepeda santai atau jalan kaki.

Terimakasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.