Adab Buang Air Besar dan Kecil dalam Islam

Sebagai makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna manusia dibekali dengan akal dan pikiran dalam menjalankan hidup di dunia. Manusia hendaknya memiliki adab yang baik mengacu pada agama dan budaya yang ada. Salah satunya yaitu adab buang air besar dan kecil. Hal ini mungkin terlihat sepele, namun agama islam sendiri memiliki beberapa aturan/adab yang sebaiknya Anda ketahui.

Jika Anda belum mengerti mengenai adab apa saja yang harus dilakukan seorang muslim ketika sedang buang air besar dan kecil, Anda tidak perlu khawatir. Kami telah merangkum beberapa informasi mengenai hal tersebut. Simak informasinya berikut ini.

Adab Buang Air Besar dan Kecil dalam Islam

Agama islam mengajarkan beberapa adab buang air besar dan kecil yang baiknya Anda ketahui, diantaranya yaitu:

  • Tidak Melakukan buang air besar atau kecil di tiga tempat yang dilarang dalam Islam

Dalam islam, terdapat beberapa tempat yang dilarang untuk dikencingi maupun sebagai tempat buang hajat. Tempat-tempat tersebut yaitu sumber mata air, di bawah pohon dan di tengah jalan. Adab ini ada berdasarkan sabda Nabi berikut.

Adab Buang Air Besar dan Kecil dalam Islam

Adab Buang Air Besar dan Kecil dalam Islam

Sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

“Takutlah (buang hajat) pada tiga tempat yang (mendatangkan) laknat: buang air besar di sumber mata air, di tengah jalan dan di naungan (pohon).” (HR. Abu Dawud no. 26 dan dihasankan oleh al Albani).

  • Jangan buang hajat atau kencing di air yang tidak mengalir

Jika ingin buang air kecil, jangan melakukannya di genangan air yang tidak mengalir. Misalnya danau atau tempat penampungan air. Hal ini karena, air kencing tidak dapat mengalir dan ikut menggenang dalam genangan air tersebut yang dapat mencemari air.

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW yaitu:

“Rasulullah melarang dilakukan kencing pada air yang menggenang (tidak mengalir).” (HR. Muslim No. 281).

  • Tidak menghadap atau membelakangi kiblat

Orang muslim akan menghadap kiblat ketika sembahyang. Kiblat dalam islam merupakan arah yang penting dan sangat dihormati. Kiblat sendiri mengacu pada ka’bah yang berada di mekkah. Sebagai muslim, janganlah buang air kecil maupun besar menghadap atau menghalangi kiblat. Di Indonesia sendiri kiblat merupakan arah barat. Hal ini berdasarkan sabda Nabi yang berbunyi:

“Apabila salah seorang di antara kalian datang ke tempat buang hajat maka janganlah dia menghadap kiblat dan jangan pula membelakanginya dengan punggungnya, akan tetapi menghadaplah ke timur atau menghadaplah ke barat.” (HR. al Bukhari No. 144)

Menghadap timur atau barat sendiri sebenarnya ditujukan untuk umat muslim yang berada di Madinnah sebab kiblat mereka bukan barat melainkan utara.

  • Berdoa saat masuk kamar mandi

Saat masuk ke kamar mandi baiknya Anda mengucap doa terlebih dahulu. Selain itu sangat dianjurkan bagi umat islam untuk masuk menggunakan kaki kiri dan keluar dengan kaki kanan. Adapun doa untuk masuk kamar mandi yaitu

(كَانَ النَّبِىُّ صلى الله عليه وسلم إِذَا دَخَلَ الْخَلاَءَ قَالَ  (اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

“ALLAHUMMA INNII A’UUDZU BIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITSI”

Bismillah  “Dengan menyebut nama Allah” dan berdoa, “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari setan laki-laki dan setan perempuan.”

Dan setelah keluar kamar mandi hendaknya membaca,

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ
“GHUFROONAKAL HAMDU LILLAAHIL LADZII ADZHABA ‘ANNIL ADZAA WA ‘AAFAANII”

“Artinya: Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan”

atau

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى اَذْهَبَ عَنِّى اْلاَذى وَعَافَنِى

“ALHAMDULILLAHIL LADZII ADZHABA ANNIL ADZA WA ‘AAFANII”

“Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dan telah membuatku sehat.

Adapun beberapa adab lainnya yaitu

  1. Buang air besar atau kecil di tempat yang jauh dari keramaian
  2. Jangan membawa sesuatu yang mengandung nama Allah
  3. Mencuci tangan selesai melakukan buang air besar atau kecil

Itulah beberapa Adab Buang Air Besar dan Kecil dalam Islam yang perlu Anda ketahui. Adab-adab tersebut ada berdasarkan sabda Nabi dan melakukan apa yang dilakukan Nabi Muhammad lakukan adalah suatu anjuran bagi seluruh umat muslim.

Leave a Reply