9 Susunan Acara Pernikahan Lazimnya Pada Prosesi Akad Nikah

0
388

Menikah dengan pasangan yang Anda cintai tentunya menjadi suatu hal yang sangat membahagiakan dalam hidup Anda. Tetapi keputusan untuk menikah bukanlah sebuah perkara biasa yang dapat dilakukan hanya dengan sekejap mata.

Ada banyak hal yang harus Anda persiapkan untuk menginjakkan kaki ke jenjang suci ini. Kesiapan mental dan fisiklah yang perlu Anda persiapkan dengan matang karena Anda akan melalui banyak hal dalam mengurusi persiapan pernikahan. Mulai dari mengurus acara lamaran, mempersiapkan dokumen pendaftaran pernikahan hingga mempersiapkan acara sakral tersebut.

Kalau Anda tidak ingin repot memikirkan acara pernikahan, Anda tinggal menyerahkan semua urusan kepada Wedding Organizer atau WO. Namun jika tidak ingin melibatkan WO, dan semuanya dikerjakan oleh anggota keluarga sendiri, tentunya bukan masalah.

Susunan Acara Pernikahan
Susunan Acara Pernikahan

Karena sebenarnya, untuk susunan acara pada saat prosesi akad nikah cukup sederhana. Nah, apa saja kira-kira susunan acara pernikahan yang biasanya ada pada saat akad nikah? Berikut susunannya :

Susunan Acara Pernikahan yang Lazimnya dilakukan Saat Akad

  1. Pembukaan

Pembukaan biasanya dilakukan dengan membacakan ‘basmalah’ atau surat Alfatihah yang dipandu oleh pembawa acara. Ini dilakukan agar acara yang direncanakan berjalan dengan lancar dan penuh keberkahan.

  1. Pembacaan ayat suci Alquran

Nah untuk yang satu ini, Anda pastinya harus mengundang orang yang memang sudah ahli dalam melantunkan ayat suci Alquran dengan alunan yang indah dan merdu sejak jauh-jauh hari.

  1. Khutbah nikah

Khutbah nikah merupakan hal disunahkan dalam Islam. Khutbah nikah biasa akan langsung disampaikan oleh petugas dari Kantor Urusan Agama atau penghulu yang akan menikahkan.

  1. Ijab qabul

Inilah acara inti dari semua persiapan pernikahan Anda, proses ijab qabul. Dimana pada prosesi inilah yang mengantarkan Anda untuk menyandang status baru sebagai seorang suami atau istri.

  1. Doa nikah

Setelah ijab qabul sukses dan lancar diucapkan oleh mempelai pria maka penghulu atau petugas KUA yang bertugas akan memimpin doa akad nikah. Selain penghulu, Anda juga bisa mengundang pemuka Agama di tempat Anda secara khusus untuk membacakan doa akad nikah.

  1. Serah terima mahar

Mahar adalah sebuah hak seorang wanita atas laki-laki yang menikahinya dan diucapkan pada kalimat ijab qabul. Biasanya mahar berupa nominal uang, seperangkat alat shalat dan bisa juga yang lainnya. Islam tidak membatasi bentuk dan jumlah nominal mahar.

Mahar ini akan diserahkan secara simbolis oleh mempelai pria kepada mempelai wanitanya. Mahar akan tercatat pada dokumen pernikahan. Jadi ketika terjadi sesuatu yang buruk pada pernikahan Anda, contohnya perceraian, maka mahar ini nantinya harus diganti oleh mempelai wanita.

Baca juga : Berbagai Bentuk Mahar Pernikahan yang Di Anjurkan Dalam Islam

  1. Penandatanganan buku nikah

Sebenarnya proses pernikahan sudah selesai dan dinyatakan sah secara hukum agama setelah ijab qabul diucapkan. Namun untuk urusan hukum negara, segala sesuatunya tidak akan sah tanpa adanya penandatanganan dokumen. Dokumen yang harus ditandatangani oleh kedua pengantin pastinya adalah buku nikah.

  1. Nasehat pernikahan

Kedua mempelai selanjutnya akan diberikan wejangan-wejangan soal hak dan kewajiban seorang suami atau istri. Acara ini sangat penting untuk dilaksanakan, karena pada saat inilah suami dan istri akan mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh mereka lakukan sebagai pasangan suami istri.

  1. Penutup

Acara penutup biasanya dilakukan dengan pembacaan doa terakhir oleh pemuka agama yang diundang hadir atau oleh penghulu.

Baca juga : Tips Menghemat Biaya Resepsi Pernikahan Dengan Cara Mudah

Nah itulah diatas beberapa susunan acara pernikahan yang umumnya dilakukan pada saat akad nikah. Tentunya Anda bisa saja menambahkan acara lainnya sesuai dengan keinginan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.