LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

7 Manfaat Sholat Dhuha bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Perlu diketahui, shalat dhuha merupakan shalat sunnah yang dikategorikan dalam sifat muakkad, maksudnya ibadah sunnah yang bersifat kuat dengan dalil yang jelas dan sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Sebab, sepanjang hayat Rasulullah SAW dan para sahabat, sangat sering melakukan ibadah ini bahkan hampir setiap harinya.

Banyak pula ulama besar yang menjadikan sholat dhuha sebagai amalan sunnah sehari – hari beliau. Contohnya saja ustad Arifin Ilham yang selalu memberikan anjuran pada jamaah pengajian serta santrinya untuk melakukan 7 amalan harian sunnah Rasul, termasuk diantaranya adalah sholat dhuha.

Tahukah anda, bukan hanya karena anjuran Rasulullah, ternyata banyak manfaat sholat dhuha bagi kesehatan, baik jasmani maupun rohani. Nah, apa saja manfaatnya ? simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Sholat Dhuha Bagi Kesehatan

Manfaat Sholat Dhuha Bagi Kesehatan

Manfaat Sholat Dhuha Bagi Kesehatan

  1. Olahraga Tubuh

Sholat Dhuha dilaksanakan pada sekitar jam 08.00 pagi hingga 11.00 menjelang siang. Menurut penelitian, pada jam jam tersebut merupakan jam yang baik untuk berolahraga. Melaksanakan sholat dhuha di waktu itu, dapat menjadi pengganti olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena ketika sholat dhuha, seluruh persendian akan bergerak, mulai dari kepala hingga kaki. Tentunya hal ini secara tidak langsung akan memberikan manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Sholat Dhuha bagi Kesehatan Jasmani

Manfaat Sholat Dhuha bagi Kesehatan Jasmani

  1. Memperbaiki Produksi Hormon

Beberapa gerakan dalam sholat dhuha seperti ruku’ dan sujud sangat mempengaruhi kinerja hormon manusia. Gerakan tersebut dipercaya mampu menormalkan produksi horman dari yang kurang maupun yang lebih.

  1. Kebersihan Wajah

Sholat dhuha juga dipercaya mampu mempercantik wajah. Seperti sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas ternama di Inggris, orang yang sering berwudhu memiliki wajah yang lebih bersri dan cerah dibanding yang tidak atau jarang berwudhu. Hal ini karena berwudhu mampu mengangkat kotoran yang berada diwajah selain itu, berwudhu tentunya akan menghidrasi kulit sehingga akan tampak awet muda.

Baca juga : 6 Rukun Wudhu dan Keistimewaannya Selain Sebagai Syarat Sah Shalat

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Sholat dhuha juga dipercaya mampu melancarkan peredaran darah manusia. Seluruh gerakan sholat dalam sholat dhuha akan mengalirkan darah dari ujung kepala hingga ujung kaki. Mulai dari mengangkat tangan saat takbiratul ikhram hingga sujud yang mengalirkan darah pada otak dan duduk takhiyat yang menormalkan peredaran darah.

  1. Menenangkan Jiwa

Sholat adalah do’a. Dan semakin anda memperbanyak do’a, anda akan semakin dekat dengan pencipta. Hal tersebut tentunya akan menimbulkan ketenangan bagi para pengamalnya. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang yang sering beribadah jiwanya lebih tenang pikirannya lebih terbuka dan lebih bahagia menjalani kehidupan.

  1. Menghilangkan Stress

Stress adlah penyakit yang tentunya mengganggu. Apapun jenis stress nya baik stress kerja, stress sekolah / kuliah maupun stress yanglain. Jika masuk ke tahap selanjutnya yakni depresi, tentu akan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Sholat dhuha mampu meredakan stress. Pasalnya, ketika anda stress anda perlu menenangkan diri sejenak, beristirahat dengan rileks. Sholat dhuha akan memfasilitasi smua hal itu bagi anda, plus anda mendapat tempat curhat paling hebat yaitu Allah. Nikmat mana yang lebih baik dari berbincang dengan pencipta dalam sholat ?

  1. Membuka Pintu Rezeki

Dalam suatu hadist, pernah disebutkan bahwa barang siapa yang sholat dhuha maka rezekinya akan dijamin dari pagi hingga petang. Namun apalah guna do’a dan sholat jika tidak dibarengi dengan yang namanya ikhtiyar (usaha). Tentunya manusia tetap harus berusaha memenuhi kebutuhannya dengan disertai doa, agar Allah senantiasa membukanan pintu rezeki yang luas nan halal baginya.

Baca juga : Masya Allah !!! Ternyata Keutamaan Sholat Dhuha sangat Luar Biasa

Nah itulah diatas ulasan lengkap mengenai berbagai manfaat sholat dhuha bagi jasmani dan rohani. Semoga Allah selalu memudahkan kita semua untuk beristiqomah pada jalannya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.