7 Manfaat dan Alasan Ibu Hamil Dianjurkan Mengkonsumsi Terong

0
8

Setiap makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil, asupan gizi dan nutrisinya akan berpengaruh untuk perkembangan dan kesehatan bayi.  Oleh karena itu, ibu hamil harus senantiasi mengkonsumsi makanan yang bernutrisi seperti sayur-sayuran, daging, ikan maupun buah-buahan. Salah satu jenis sayur-sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah terong. Belakangan ini juga, terong kerap kali dihubungkan dengan mitos bahwa jika ingin mempunyai anak laki-laki, ibu  hamil harus sering-sering mengkonsumsi terong.

Terlepas dari mitos tersebut, berikut ini adalah manfaat terong untuk ibu hamil dan alasan mengapa ibu hamil dianjurkan untuk makan terong selama masa kehamilan.

  1. Baik untuk kesehatan otak janin

Kandungan asam folat pada terong ungu berguna untuk perkembangan sistem saraf pada janin serta mencegah kerusakan otak. Jika ibu hamil kurang mengkonsumsi asam folat selama masa kehamilannya, hal ini akan beresiko pada berat badan bayi ketika lahir atau dapat menyebababkan bayi lahir premature.

  1. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil

Terong mengandung vitamin C yang sama kandungannya dengan buah jeruk. Vitamin C sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu hamil. Selain itu, manfaat vitamin C juga untuk mencegah serta mengobati sariawan, panas dalam dan penyakit lainnya yang sering dialami oleh ibu hamil.

7 Manfaat dan Alasan Ibu Hamil Dianjurkan Mengkonsumsi Terong
7 Manfaat dan Alasan Ibu Hamil Dianjurkan Mengkonsumsi Terong
  1. Antioksidan yang baik

Terong mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi untuk membantu menangkal radikal bebas serta keluhan-keluhan saat kehamilan. Apabila ibu hamil sering mengkonsumsi terong, maka buah hati yang sedang dalam kandungan akan terbebas dari serangan radikal bebas, begitu juga dengan ibu hamil.

Baca juga : Beberapa Tips Untuk Ibu Hamil Supaya Bayi Sehat

  1. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Di masa kehamilan, biasanya tekanan darah ibu hamil tidak stabil. Inilah alasan lainnya mengapa ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi terong. Karena terong dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Perlu untuk diketahui bahwa selama masa kehamilan, ibu hamil beresiko besar terserang Preeklampsia yaitu keracunan dalam kehamilan yang pada dasarnya disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

  1. Mengandung Fosfor dan Magnesium yang tinggi

Selain kalsium, fosfor dan magnesium juga sangat penting dibutuhkan ibu hamil untuk memperkuat tulang dan gigi agar ibu hamil tidak mengalami penyakit atau masalah pada tulang dan gigi yang keropos. Fosfor dan magnesium juga berfungsi dalam pembentukan tulang dan gigi untuk janin. Dalam 100 gram terong mengandung 14 mg magnesium dan 24 mg magnesium.

  1. Mengatasi gangguan pencernaan

Selama hamil, mungkin ibu hamil sering mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit dan susah buang air besar. Terong merupakan sayuran yang kaya akan serat. Sehingga terong sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil agar pencernaanya lancar dan terhindar dari sembelit.

  1. Mengurangi resiko diabetes gestational

Ibu hamil sangat rentan untuk terserang diabetes gestational. Dengan mengkonsumsi terong selama masa kehamilan akan membantu mengurangi resiko terkena diabetes gestational atau lonjakan kadar gula darah yang substansional.

Baca juga : Tips Agar ASI Mau Keluar Banyak

Mengkonsumsi terong selama masa kehamilan dapat diolah menjadi sayur lodeh, sambal terong atau dijadikan lalapan dan camilan terong seperti terong krispi. Nah, itulah alasan mengapa ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi terong saat hamil. Karena kandungan zat di dalam terong sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan perkembangan janin, bukan semata-mata mengkonsumsi terong untuk mendapatkan anak laki-laki karena itu hanyalah mitos.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.