RamadhanSpecial Bulan Ramadhan

6 Rukun Wudhu dan Keistimewaannya Selain Sebagai Syarat Sah Shalat

Rukun wudhu – Wudhu secara harfiah artinya bersih. Secara istilah, wudhu berarti membersihkan anggota wudhu dengan air yang suci sesuai dengan syarat dan rukun yang telah ditentukan untuk mensucikan diri dari hadats kecil. Sementara untuk mensucikan diri dari hadats besar tidak dapat dilakukan dengan berwudhu, tapi dengan mandi wajib.

Rukun merupakan tata cara untuk melakukan suatu hal yang dilakukan sesuai dengan urutannya. Mengetahui rukun sangatlah penting, karena rukun merupakan penentu benar atau salahnya perbuatan yang sudah Anda lakukan.

Sama halnya dengan ibadah yang lainnya, wudhu juga memiliki rukun. Rukun wudhu dapat diartikan sebagai rentetan tata cara berwudhu yang jumlah dan urutannya sudah ditentukan. Tidak boleh ditambahi atau dikurangi dan tidak boleh ditukar urutannya.

Rukun wudhu

Rukun wudhu

Dalam ilmu Fiqih, jumlah rukun wudhu ada 6. Apa saja 6 hal tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

6 Rukun Wudhu

  1. Niat

Seperti hadits Rasulullah SAW, “innamal a’maalu binniyyaati”. Yang artinya segala amal itu harus diawali dengan niat.

Niatlah yang membedakan antara pekerjaan biasa dengan ibadah. Contohnya ketika Anda makan. Jika Anda hanya makan saja, maka kegiatan makan Anda tidaklah dihitung sebagai amal ibadah. Tetapi jika Anda makan, berniat agar Anda kuat dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT, maka kegiatan makan Anda, suapan demi suapan dihitung sebagai amal ibadah.

Niat adalah menyengaja suatu perbuatan dan diungkapkan dalam hati. Adapun niat berwudhu adalah sebagai berikut :

“Aku (sahajaku/sengajaku) berwudhu fardhu karena Allah Ta’ala”

  1. Membasuh wajah

Daerah mana sajakah yang termasuk wajah? Batasnya mulai dari tumbuhnya rambut di kepala Anda hingga bawah dagu dan dari telinga kanan hingga telinga kiri.

Ketika membasuh wajah, pastikan air mengaliri semua bagian wajah hingga batasnya. Jangan sampai Anda hanya membasuh sebagian wajah Anda saja.

  1. Membasuh dua tangan

Batasan tangan adalah mulai dari atas siku sampai ujung kuku. Ingat, mulai atas siku ya. Jangan sampai kurang dari batas tersebut.

Sebelum berwudhu, pastikan kuku Anda sudah bersih dari kotoran-kotoran yang memungkinkan terhalangnya air untuk mengalir dalam kuku Anda. Lebih baik lagi jika Anda selalu menjaga kuku Anda agar tetap pendek sehingga lebih memudahkan Anda untuk merawat kebersihannya.

  1. Menyapu setengah kepala

Jika anggota wudhu yang lainnya dibasuh, maka kepala hanya disapu saja.

Sebagian ulama berpendapat seluruh kepala dan sebagian lain mengatakan setengah kepala saja. Anda bebas menyapu kepala Anda di bagian mana saja, seperti di ubun-ubun, kepala bagian atas, kepala bagian bawah, bagian kanan atau bagian kiri. Asalkan masih tetap batas bagian kepala.

  1. Membasuh dua kaki

Membasuh dua kaki batasnya adalah sampai di kedua mata kaki. Lebih dianjurkan di atas mata kaki.

  1. Tertib

Tertib artinya melaksanakan rukun sesuai dengan urutannya. Mendahulukan mana rukun yang terdahulu dan mengakhirkan mana rukun yang terakhir. Contohnya, tidak boleh membasuh kaki terlebih dahulu baru kemudian membaca niat dan membasuh wajah. Semuanya harus dilakukan sesuai dengan runutannya.

Selain sebagai syarat sahnya shalat, wudhu memiliki keistimewaan yang lainnya. Salah satu keistimewaannya adalah mengeluarkan dosa-dosa bersamaan dengan tetesan air. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Malik dari Abi Hurairah RA.

Rasulullah SAW bersabda,

“jika seorang muslim berwudhu, kemudian membasuh wajahnya, maka keluarlah semua dosa kecil dari anggota-anggota tubuh yang ada di wajahnya bersamaan dengan tetesan air terakhir yang menetes di wajahnya. Kemudian dia membasuh dua tangannya maka keluarlah dosa-dosa kecil yang dilakukan oleh tangannya. Lalu dia membasuh kedua kakinya, maka keluarlah dosa kecil yang telah dilakukan oleh kedua kakinya. Sehingga dia keluar dalam keadaan bersih dari dosa.”

Baca juga : 5 Syarat Sah Berwudhu Yang Wajib Diketahui Orang Islam

Nah, demikian informasi mengenai rukun-rukun wudhu. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu Anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.