LiburanLiburan Asik !!

6 Rukun Iman dan Maknanya

6 Rukun Iman dan Maknanya – Selain harus mengetahui rukun Islam, sebagai umat muslim juga harus mengetahui 6 rukun Iman dan maknanya.  Karena rukun Iman ini juga merupakan pilar penting yang sekaligus juga menjadi pedoman hidup seorang muslim. Secara bahasa, Iman bisa diartikan sebagai membenarkan, dan secara istilah bisa diartikan sebagai mengakui dengan perkataan atau lisan, kemudian membenarkan atau tashdiq dengan hati dan mengamalkannya dengan perbuatan.

Nah, terkait 6 rukun Iman dan maknanya, berikut telah kami rangkum penjelasan detailnya.

6 Rukun Iman dan Maknanya :

  • 1. Iman kepada Allah

Iman kepada Allah ini mencakup 4 hal, yakni:

  1. iman terhadap adanya Allah,
  2. iman akan rububiah Allah, artinya tidak ada pencipta, penguasa serta pengatur alam semesta selain Allah
  3. iman akan uluhiah Allah yakni percaya bahwa tidak yang berhak disembah selain Allah
  4. iman terhadap nama dan sifat-sifat Allah yang telah ditetapkan-Nya
  • 2. Iman kepada Malaikat-Malaikat Allah

Iman kepada malaikat-malaikat Allah artinya adalah percaya bahwa malaikat-malaikat itu memang ada, berwujud dan percaya dengan tugas serta amalan yang diberikan oleh Allah kepada mereka sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan Hadits.

6 Rukun Iman dan Maknanya
6 Rukun Iman dan Maknanya
  • 3. Iman kepada Kitab-Kitab Allah

Iman kepada kitab-kitab Allah adalah percaya bahwa kitab-kitab tersebut merupakan kalam-Nya atau ucapan-Nya dan bukan merupakan ciptaan-Nya. Sebagai umat Nabi Muhammad, kita harus mempercayai kitab yang diturunkan kepada kita yakni Al-Qur’an, namun, kita juga harus percaya dengan kitab-kitab yang sebelumnya yakni Injil, Zabur, dan Taurat.

Baca juga : Manfaat Membaca dan Mendengarkan Ayat Al-Qur’an

  • 4. Iman kepada Nabi dan Rasul Allah

Iman kepada Nabi dan Rasul Allah maknanya adalah percaya bahwa Allah telah memilih laki-laki diantara manusia biasa yang kemudian dijadikannya Nabi dan Rasul-Nya yang bertugas sebagai perantara untuk menyampaikan wahyu-Nya kepada umat manusia.

  • 5. Iman kepada Hari Akhir

Hari akhir yang dimaksudkan disini adalah hari kiamat, dan percaya terhadap terjadinya hari kiamat adalah rukun iman yang kelima. Hari kiamat ini merupakan hari akhir dari dunia dimana pada hari itu Allah sudah mewakafkan bagi semua makhluk hidup ciptaan-Nya kecuali yang Dia kecualikan.

Sebagai umat muslim, kita harus percaya dengan hari kiamat ini, percaya dengan tanda-tanda hari kiamat serta percaya dengan kebangkitan di padang mahsyar.

  • 6. Iman kepada Qadha dan Qadar

Orang muslim juga harus percaya dengan adanya takdir baik dan takdir buruk yang asalnya adalah dari Allah swt karena seluruh makhluk-Nya, tanpa terkecuali, baik itu zat, sifat dan perbuatan mereka adalah ciptaan Allah.

Baca juga : 5 Jenis Hukum Islam yang Wajib Anda Ketahui Sebagai Umat Muslim

Nah, demikian di atas ulasan tentang 6 rukun iman dan maknanya, semoga tulisan ini bisa menjadi referensi yang bisa menambah ilmu kita semua ya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.