LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

6 Manfaat Shalat Tahajud untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Manfaat Shalat Tahajud untuk Kesehatan – Shalat Tahajud merupakan salah satu shalat sunnah yang hanya dapat dilakukan di malam hari. Tata cara untuk melaksanakan shalat tahajud sebenarnya hampir sama dengan sholat sunnah yang lain, bedanya sholat tahajud dilakukan harus setelah tidur. Menurut pandangan sebagian ulama, shalat tahajud merupakan sholat sunnah yang sangat spesial, karena telah disebutkan juga dalam al-qur’an bahwa shalat tahajud bisa mengangkat derajat pengamalnya menjadi terpuji di depan Allah.

Nah, dibalik keistimewaan sholat tahajut diatas, tahukah anda jika ternyata banyak manfaat shalat tahajut bagi kesehatan. Ingin tahu apa saja manfaatnya?

Manfaat Shalat Tahajud untuk Kesehatan

  1. Terhindar dari penyakit pernafasan

Penyakit infeksi saluran pernapasan akut atau biasa disebut ISPA merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus. Selain karena lingkungan yang tidak sehat, virus ini dapat menyebar melalui gaya hidup yang buruk.

Untuk mencegah persebaran virus ISPA,tentunya ada harus menjaga pola makan dan merapkan gaya hidup sehat. Para pakar kesehatan mengatakan bahwa Shalat Tahajud mampu mencegah penyakit pernapasan. Bagaimana tidak, ketika shalat tahajud anda diharuskan bangun pagi, menghidup udara segar dan menyehatkan.

Manfaat Shalat Tahajud untuk Kesehatan

Manfaat Shalat Tahajud untuk Kesehatan

  1. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Berdasarkan penelitian, shalat di malam hari dalam keadaan hening akan menumbuhkan sikap tenang dan emosi yang stabil. Dengan ketenangan itu pula sistem imun dalam tubuh juga akan menjadi lebih kuat. Dengan begitu, tubuh akan selalu merespon positif tindakan, mencegah penyakit jantung dan memperpanjang usia.

Baca juga : Inilah Sunnah Rasulullah Sebelum Tidur yang Sebaiknya Kita Amalkan

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Bangun malam saat hendak shalat tahajud akan membuat tubuh diisi dengan oksigen yang murni. Karena menurut penelitian, oksigen yang dihirup pada pukul 3 pagi dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh sehingga tubuh akan merasa lebih segar. Selain itu, anda disunnahkan untuk mandi sebelum shalat tahajud. Hal ini juga dipercaya akan melancarkan peredaran darah.

  1. Mencegah Sakit Pinggang

Sebenarnya, seluruh gerakan shalat bermanfaat bagi tubuh karena dapat menjadi sarana peregangan yang baik. Namun hebatnya shalat tahajud adalah karena dilakukan pada bangun tidur. Dengan melakukan shalat tahajud setelah bangun tidur secara otomatis tubuh melakukan peregangan alami yang baik untuk tubuh.

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sholat tahajud adalah kebiasaan baik orang muslim sejak zaman dahulu. Rasulullah tidak pernah sekalipun melewatkan shalat tahajud ini meskipun beliau sedang sakit. Bahkan Rasulullah pernah bersabda bahwa orang yang meninggalkan shalat tahajud adalah orang yang merugi. Orang-orang percaya bahwa shalat tahajud mampu menjaga daya tahan tubuh agar tetap baik dalam kondisi apapun.

  1. Mencerahkan wajah

Orang yang sudah terbiasa menjalankan shalat tahajud akan memiliki wajah yang cerah. Wajahnya akan terlihat bersinar dan ceria. Mengapa begitu ? secara islam, dalam hadist memang telah disebutkan bahwa wajah orang yang mengamalkan shalat tahajud akan memancarkan cahaya ketakwaan. Namun ternyata, hal ini juga dapat dijelaskan secara medis. Air yang dibasuhkan pada wajah pada pukul 2-4 pagi mengandung banyak sekali zat baik yang berguna bagi kulit wajah. Nah hal inilah yang membuat wajah anda akan terlihat cerah dan segar bila sering melakukan shalat tahajud.

Baca juga : Masya Allah !!! Ternyata Keutamaan Sholat Dhuha sangat Luar Biasa

Nah itulah tadi berbagai fakta mengenai Manfaat Shalat Tahajud untuk Kesehatan. Selain manfaat akhirat, nyatanya akan juga mendapat banyak manfaat dunia. Luar biasa bukan?

Terlepas dari segala manfaat dunianya, bagian terpenting dari shalat tahajud adalah ikhlas dan istiqomah kita untuk menjalankannya. Karena ketika ikhlas, Allah SWT pasti akan menambah nikmat kita baik didunia maupun di akhirat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.