6 Langkah Sederhana untuk Merencanakan Anggaran Traveling

0
168

Setelah lama mengidamkan liburan ke destinasi impian Anda, akhirnya keinginan itu terwujud. Senang sekali, ya, rasanya. Namun, sebaiknya Anda tidak langsung pergi begitu saja. Tentunya, akan lebih baik jika Anda merencanakan dahulu anggaran traveling dengan matang.

anggaran liburan

Pasalnya, biaya perjalanan sendiri bervariasi tergantung pada gaya traveling Anda. Nah, coba simak tips-tips berikut untuk membuat anggaran liburan secara sederhana.

baca juga : Taman nasional meru

Membuat Anggaran Traveling Sebelum Berangkat

Biaya Transportasi Utama

Ke mana pun tujuan Anda, transportasi utama biasanya menjadi bagian yang cukup besar dalam anggaran Anda. Pasalnya, transportasi inilah yang membawa Anda menuju ke dan pulang dari destinasi, baik itu pesawat, kereta atau bis. Jadi, besarnya biaya transportasi utama tergantung pada jauhnya jarak perjalanan Anda.

Transportasi di Tempat Tujuan

Tentunya Anda harus naik transportasi umum di destinasi, ketika ingin bepergian dari suatu tempat ke tempat lain. Contohnya, mulai dari taksi dari bandara, hingga transportasi untuk berkeliling di dalam kota. Anggarkan biaya untuk keperluan tersebut agar Anda tidak kaget nanti ketika berjalan-jalan di destinasi tujuan.

Membuat Anggaran Akomodasi Atau Penginapan

Jika biaya transportasi utama serta untuk perjalanan keliling kota sudah, kini waktunya Anda membuat anggaran untuk akomodasi. Pilih jenis akomodasi yang Anda sukai, apakah itu hotel, hostel, losmen, guest house, atau apartemen. Baca ulasan tentang tempat tersebut dan lihat berapa tarif untuk menginap di sana.

Anggaran Traveling Setibanya di Destinasi

Anggaran untuk Konsumsi

Jika Anda masih bingung menentukan anggaran untuk biaya makan, coba pertimbangkan dengan memperhatikan tempat tujuan Anda. Anda bisa mengira-ngira berdasarkan destinasi Anda. Misalnya, apakah itu makanan Eropa, Asia, atau Indonesia saja, cobalah browsing untuk mencari tahu berapa rata-rata harga menunya.

Namun, beda lagi anggarannya jika Anda menginap di tempat yang menyediakan dapur untuk memasak sendiri, misalnya seperti di hotel backpacker atau kost. Maka, biaya yang diperlukan adalah untuk membeli bahan makanan sendiri.

Anggaran untuk Aktivitas Liburan

Coba Anda buat rencana sepintas, kira-kira apa saja yang akan Anda lakukan di destinasi? Mungkin, Anda akan pergi ke museum atau taman hiburan, maka sediakan anggaran untuk tiket masuknya. Atau, mungkin Anda ingin melakukan aktivitas dengan biaya yang lebih mahal, seperti scuba diving mungkin?

Jika demikian, masukkan juga perkiraan biayanya ke dalam anggaran Anda. Di samping tempat-tempat wisata, Anda juga perlu menganggarkan biaya untuk berbelanja. Baik souvenir untuk Anda sendiri, maupun oleh-oleh untuk dibawa pulang dan diberikan kepada orang-orang terkasih.

Pentingnya Mencatat Pengeluaran Traveling

Mencatat Biaya yang Dikeluarkan Selama Perjalanan

Ketika bepergian, sebaiknya Anda tidak hanya membuat perkiraan biaya untuk anggaran wisata saja. Namun, yang tidak kalah penting adalah mencatat setiap pengeluaran Anda di tempat tujuan wisata. Ini dapat membantu Anda mengetahui, sudah seberapa tepat Anda mengeluarkan biaya sesuai dengan anggaran.

Sebab, terkadang kita menganggap sepele biaya untuk makan, jajan, parkir, padahal jika ditotal, jumlahnya bisa cukup mengagetkan. Semua pengeluaran Anda pun bergantung pada kebiasaan Anda dalam membeli atau belanja saat bepergian. Nah, catatan biaya tersebut dapat Anda jadikan untuk panduan nanti ketika bepergian lagi.

baca juga : Deretan pantai terbaik diIndonesia

Kesimpulan

Membuat anggaran traveling sebenarnya tidak sulit. Namun, terkadang yang sulit adalah menyesuaikan pengeluaran dengan anggaran tersebut. Satu hal lagi yang tidak kalah penting, selalu sediakan juga anggaran untuk biaya pengeluaran tidak terduga. Jadi, liburan Anda nanti bisa dinikmati dengan aman dan nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.