5 Tips Agar Proses Pembelajaran Menarik dan Disukai Siswa

0
195

Pendidikan merupakan kegiatan terpenting yang harus diselenggarakan di setiap negara. Untuk mewujudkan pendidikan yang baik dan unggul maka diperlukan proses pembelajaran menarik sehingga disukai siswa dan menghilangkan rasa bosan ketika mengikuti pembelajaran.

Menilik pendidikan di Indonesia yang masih berkualitas standar, bahkan ada yang di bawah standar sehingga diperlukan proses pembelajaran terbaru agar siswa menjadi lebih aktif dan giat.

pembelajaran menarik

Jika pembelajaran tidak menarik, dikhawatirkan menjadi sebab mundurnya kualitas pendidikan, Sehingga menyebabkan siswa datang ke sekolah hanya memenuhi kewajiban tanpa niat menggali ilmu dengan sungguh-sungguh. Disini kita akan membahas beberapa tips tentang proses pembelajaran untuk siswa, agar menarik dan membuat siswa tidak mudah bosan.

baca juga : Tips memilih tempat kuliah

Tips Agar Proses Pembelajaran Menarik

Menggunakan Metode Mobile Teaching Saat Mengajar

Seringkali ketika guru mengajar dengan metode ceramah saja, siswa menjadi cenderung bosan dan mudah mengantuk. Terlebih jika hanya satu arah saja tanpa mengajak siswa ikut berinteraksi dan menanggapi. Metode mobile teaching adalah metode pembelajaran yang mengajak siswa untuk berinteraksi bersama guru. Disini guru harus mampu menguasai seluruh siswa di kelas.

Misalnya saja ketika pembelajaran matematika, guru harus mampu memancing kinerja otak siswa dan guru bisa mendatangi meja siswa untuk ditanyai apakah sudah paham ataukah belum. Dengan metode ini, siswa akan merasa benar-benar dekat dengan guru.

Menciptakan Suasana yang Interaktif

Agar ilmu yang disampaikan guru lebih mengena di fikiran siswa, alangkah baiknya jika siswa dilibatkan di dalam diskusi agar siswa dapat mengemukakan pendapat dan argumennya. Disini guru harus memberikan suatu contoh kasus permasalahan, agar siswa terpacu untuk menanggapi, berpendapat, dan berkomentar mengenai kasus tersebut.

Menambahkan Permainan dalam Pembelajaran

Proses pembelajaran menarik selanjutnya yaitu menambahkan kegiatan permainan dalam pembelajaran. Bermain selalu saja menjadi kegiatan menarik untuk dilakukan, terlebih bagi siswa yang terlalu jenuh dengan mata pelajaran membosankan.

Guru bisa membawakan materi dengan menggunakan media permainan. Jadi selain siswa mendapatkan ilmu, siswa juga mendapat kegiatan refreshing otak menyenangkan.

Menggunakan Media Pembelajaran Variatif

Setiap siswa yang ada di seluruh dunia, pasti memiliki daya serap pengetahuan yang berbeda-beda. Penyerapan materi pada siswa ini juga biasanya dipengaruhi oleh cara guru menyampaikan materi di dalam kelas. Beberapa siswa ada yang mampu menangkap materi hanya dengan mendengarkan penjelasan guru, ada juga yang harus melalui praktik terlebih dahulu.

Terlebih dengan kemajuan jaman yang semakin berkembang, harusnya guru lebih update mengenai teknologi apa yang harus diterapkan kepada siswa. Contohnya saja menggunakan alat peraga yang sudah tersambung dengan listrik, internet, maupun sensor. Apabila media pembelajaran sudah menimbulkan rasa penasaran di otak siswa, tentu saja akan mempermudah informasi untuk diserap siswa.

baca juga : persiapan ujian agar sukses

Mencari Suasana Belajar Baru

Terkadang ada beberapa siswa yang merasa bosan belajar di ruangan yang hanya itu-itu saja. Terlebih jika berada di ruang kelas pojok dengan minim pencahayaan dan udara terasa panas karena sirkulasi udara yang kurang terbuka. Untuk mengatasi masalah tersebut, guru bisa mencoba memindah ruang pembelajaran di tempat terbuka yang menyenangkan.

Contohnya saja di taman yang dilengkapi bangku-bangku panjang di bawah pohon. Di tempat tersebut, siswa akan merasa lebih refresh dan mudah menyerap informasi karena suasananya yang tenang dan tidak membosankan.

Demikian beberapa penjelasan mengenai tips proses pembelajaran menarik agar siswa menjadi mudah menerima materi yang disampaikan oleh guru. Dengan beberapa tips yang telah disebutkan, maka siswa tidak bosan dengan proses pembelajaran yang biasanya monoton.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.