5 Jenis Hukum Islam yang Wajib Anda Ketahui Sebagai Umat Muslim

Semua agama selalu mengajarkan kebaikan yang berpegang pada hukum-hukum agama yang berlaku. Seperti dalam agama islam yang memuat aturan-aturan wajib dan tentunya harus diketahui dan diamalkan oleh umatnya. Aturan inilah yang dikenal dengan istilah hukum dalam agama islam.

Hukum islam merupakan suatu aturan yang ditetapkan dalam agama islam, dan berkaitan erat dengan amal, baik perintah yang mengandung larangan, tuntutan, maupun perbolehan akan suatu hal. Perlu diketahui, bahwa hukum dalam agama islam ini berlaku bagi umatnya yang telah baligh.

Ukuran baligh bagi perempuan dan laki-laki sedikit berbeda. Jika perempuan dikatakan baligh apabila telah berusia di atas 9 tahun, telah mengalami menstruasi, dan muncul tanda-tanda pubertas. Sementara bagi laki-laki, usia baligh terjadi ketika telah berusia di atas 15 tahun, mengalami mimpi basah, dan keluar tanda kedewasaan.

Hukum dalam Agama Islam

Secara umum ada 5 hukum dalam agama islam yang wajib Anda ketahui. Untuk lebih jelasnya simak hal-hal di bawah ini.

  1. Hukum Wajib

Hukum dalam agama islam yang pertama adalah hukum wajib. Wajib merupakan salah satu perkara dimana seseorang yang menjalankan pekerjaan atau perbuatan yang diperintahkan akan mendapatkan sebuah pahala. Sedangkan yang tidak menjalankan, akan mendapatkan siksa ataupun dosa. Contoh hukum wajib adalah sholat lima waktu, puasa di bulan Ramadhan, dan sebagainya.

Baca juga : Tips Mengajari Anak Agar Bisa Membaca Al-Qur’an dengan Cepat

  1. Hukum Sunnah

Sunnah merupakan salah satu hukum islam yang mana jika orang mau melakukan suatu perbuatan yang dianjurkan, maka akan mendapatkan pahala. Sebaliknya, jika mereka meninggalkan atau tidak melakukan perbuatan yang dianjurkan maka ia tidak mendapatkan dosa. Contoh hukum sunbah adalah sholat sunnah sebelum dan setelah sholat, ataupun puasa rajab.

  1. Hukum Haram

Haram adalah suatu perkara yang berlawanan dengan hukum wajib dan sunnah. Haram merupakan hukum dalam agama islam dimana bila seseorang tidak mengerjakan suatu perkara yang dilarang maka dia akan mendapatkan pahala, dan bila melakukan perkara yang dilarang maka dia akan mendapatkan dosa. Contoh hukum haram adalah judi, mabuk, dan lain-lain.

  1. Makruh

Hukum islam selanjutnya adalah Makruh yang merupakan hukum dimana bila seseorang meninggalkan perkara atau hal itu hukumnya lebih baik, maka akan mendapat pahala. Sementara bila seseorang mengerjakan suatu hal yang dihukumi makruh maka ia tidak akan mendapat dosa. Tapi perlu diingat bahwa hal yang bersifat makruh lebih baik ditinggalkan karena Allah tidak menyukai hal yang makruh. Sebagai contoh adalah makan dan minum sambil berdiri.

Baca juga : Inilah 7 Manfaat Wudhu yang Sebaiknya Anda Ketahui

  1. Mubah

Mubah merupakan suatu perkara atau hal yang boleh untuk dikerjakan, namun juga boleh juga untuk ditinggalkan. Sebagai contoh adalah memilih jenis makanan.

Itulah beberapa jenis hukum dalam agama Islam yang perlu Anda ketahui, terutama untuk Anda umat islam. Agar Anda dapat menjalankan ajaran islam sesuai dengan hukum-hukum yang berlaku. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply