LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

5 Hal Yang Wajib Dilakukan Saat Kerja Hari Pertama Usai Lebaran

Setelah Lebaran usai, Anda yang berprofesi sebagai karyawan jelas harus mempersiapkan diri untuk kerja hari pertama usai libur panjang. Terdengar mudah diucapkan, tapi faktanya hal ini akan sulit untuk dilakukan. Karena liburan Lebaran yang cukup panjang membuat banyak orang malas untuk kembali menjalani rutinitas kerja.

Usai liburan

Tak heran kalau akhirnya hari pertama bekerja akan disambut dengan banyak keluhan, nuansa malas hingga momen gagal move on dari liburan. Padahal kalau suasana ini dibiarkan, akan membuat kinerja Anda memburuk dan jelas mengecewakan perusahaan. Supaya tidak mengalami kemalasan parah usai liburan, beberapa hal berikut ini wajib untuk Anda lakukan.

baca juga : Tips betah di tempat kerja

Hal-Hal Yang Wajib Dilakukan Saat Kerja Hari Pertama

Buat Jadwal Kerja

Salah satu hal yang wajib dilakukan ketika harus bekerja lagi usai liburan panjang adalah membuat jadwal bekerja. Ada baiknya kalau Anda menuliskan jobdesk mulai hari pertama hingga beberapa minggu ke depan. Tuliskan deadline kerja dengan tepat termasuk jadwal meeting. Dengan begitu Anda akan makin bersemangat dan selalu tahu apa yang harus dipersiapkan.

Atur Waktu

Bekerja setelah liburan memang membuat Anda memiliki banyak tugas yang sudah menumpuk. Selayaknya mahasiswa yang dijejali tugas kampus, jangan pernah berusaha untuk menyelesaikannya sekaligus usai liburan. Misalkan saja, Anda langsung memilih melakukan lembur saat kerja hari pertama, ini jelas bakal sangat merugikan.

Ketika bekerja usai liburan, seharusnya Anda bisa mengatur waktu secara bijak. Mulai dari datang lebih awal untuk menyapa rekan-rekan yang menikmati libur Lebaran dan pulang tepat waktu. Jangan segan untuk meminta bantuan rekan kerja saat masih belum fokus. Jika waktu sudah diatur bijak, maka tubuh akan lebih mudah beradaptasi lagi terhadap rutinitas pekerjaan.

Review Kerjaan

Saat liburan, tentu Anda tak melihat sama sekali tugas yang diberikan kantor, termasuk email-email yang masuk. Untuk itulah di hari pertama kerja, Anda memilah email yang sudah diterima. Dengan begitu Anda juga bisa me-review lagi pekerjaan yang telah dilakukan dan membuat makin mudah beradaptasi usai liburan. Anda pun bisa tahu apakah ada project yang belum usai.

Siapkan Perlengkapan Kerja

Supaya bisa menyambut hari Senin usai libur Lebaran yang berkualitas, Anda harus mempersiapkan segalanya dengan maksimal. Salah satu persiapan yang tampak sederhana tapi penting adalah kelengkapan kerja. Di malam hari sebelum bekerja, cek kembali laptop atau berkas-berkas dari kantor. Siapkan semuanya dengan rapi supaya Anda bisa langsung berangkat esok hari dengan tepat.

baca juga ; Tips cinta dan semangat dalam bekerja

Hal ini sebetulnya merupakan kebijakan yang seharusnya sudah Anda lakukan sejak bersekolah dulu. Para pelajar jelas dianjurkan untuk menyiapkan buku dan tugas mereka di malam hari usai mengerjakan PR daripada di pagi hari sebelum berangkat. Dengan menyiapkan segala kelengkapan waktu malam, Anda akan lebih santai dan bisa memastikan apakah semua barang sudah terbawa.

Buat Daftar Prioritas

Setelah seluruh kelengkapan kerja siap, review project sebelum liburan dilakukan termasuk jadwal kerja, maka hal terakhir yang bisa dilakukan adalah menentukan daftar prioritas. Anda akan tahu ada tugas-tugas yang harus diselesaikan secepatnya sehingga menjadi fokus Anda di hari pertama kerja. Jika sudah terjadwal begini, Anda akan siap sibuk lagi di lingkungan kerja.

Dengan beberapa hal yang sudah diungkapkan di atas, tentu momen kerja hari pertama usai libur Lebaran yang panjang tidak akan menakutkan lagi. Anda akan siap dan bersemangat berangkat ke kantor.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.