LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

5 Cara Menghadapi Ujian Nasional Tanpa Stress

Ujian nasional kadang memang membuat siswa menjadi lebih tertekan hingga membuat stress. Selama sebulan penuh menjelang ujian pasti siswa akan konsentrasi penuh belajar hingga kadang sampai lupa diri. Efek stress yang dialami siswa sebenarnya hanya berasal dari asumsi yang diterapkan. Asumsi tersebut yang mengaktivasi tingkat stress seseorang.

Ujian nasional

Untuk itu penting bagi siswa untuk mengecek kembali apakah sudah siap menghadapi ujian nasional dengan baik ataukah belum. Meski memang harus dihadapi, namun jangan pernah menganggap ujian nasional sebagai beban. Berikut ini ada tips cara menghadapi ujian nasional agar terhindar dari stress dan membuat siswa lebih siap menghadapi ujian nasional. Simak dengan baik ya!

Baca juga : Tips belajar pelajaran Geografi dengan baik

Tips Menghadapi Ujian Nasional Tanpa Stress

Siapkan Daftar Lagu Penyemangat

Setiap orang pasti menyukai lagu yang bisa membuat semangat beraktivitas bukan? Begitu juga dengan belajar, dengan mendengarkan lagu yang disukai akan membuat siswa lebih fokus dalam belajar dan menghilangkan suntuk atau bosan dalam belajar. Putar daftar lagu ketika akan belajar maka suasana belajar akan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Kuis Bersama Teman Belajar

Cara menghadapi ujian nasional dengan membuat soal kuis bersama teman belajar ini sangat bagus. Kamu dan teman-teman bisa membuat pertanyaan berkaitan dengan materi ujian dan memecahkan jawabannya bersama. Saat bertemu teman belajar, tidak hanya membaca buku bersama namun saling mengajukan pertanyaan. Mengoreksi setiap jawaban yang salah dan dievaluasi bersama.

Dengan teman belajar tentu akan lebih leluasa dan bebas mengekspresikan diri dalam memecahkan soal, berbeda jika dengan guru yang cenderung malu dan bisa membuat siswa membatasi diri ketika berekspresi. Jadi, memiliki teman belajar sangat diperlukan ketika hendak menghadapi ujian nasional.

Makan Makanan yang Sehat

Hindari makanan yang mengandung banyak minyak dan pedas. Sebisa mungkin jangan konsumsi makanan yang dapat membuat kamu sakit. Sebaiknya kamu memilih makanan yang sehat dan membuat konsentrasi kamu bertambah misalnya makanan berprotein tinggi. Dan juga, jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup agar kamu tidak kehilangan fokus.

Persiapan Mental

Persiapan mental itu sangat penting. Bukan hanya belajar dan belajar saja. Ada saja yang menjelang Ujian Nasional dimulai malah terkena stres sehingga saat ujian dia kehilangan fokus dan tidak bisa mengingat apa saja yang ia pelajari. Kamu bisa mencoba cara menghadapi ujian nasional dengan meditasi atau yoga untuk menenangkan pikiran.

Jika kamu tidak tahu caranya, kamu bisa browsing di Youtube atau unduh aplikasi meditasi. Biasanya meditasi hanya perlu waktu 10-15 menit dan kebanyakan latihannya adalah mengatur pernapasan supaya kamu lebih tenang dan rilex ketika menghadapi ujian. Selain itu, mengistirahatkan tubuh yang cukup juga diperlukan agar tubuh tetap sehat ketika diforsir untuk terus belajar dan belajar.

Baca juga : Tips mengajar sikap pantang menyerah pada anak

Batasi Waktu Belajar

Jangan habiskan waktu seharian kamu hanya untuk belajar dan belajar. Terlalu banyak belajar malah hanya membuat kamu terlalu lelah dan jadi tidak fokus untuk menghadapi Ujian Nasional. Batasi waktu belajar sesuai kemampuan yang kamu miliki. Berikan jeda waktu untuk istirahat atau melakukan hal yang kamu suka supaya kamu tidak stres.

Demikian penjelasan mengenai cara menghadapi ujian nasional agar terhindar dari stress. Dengan mempersiapkan diri dengan baik, memperkaya materi-materi atau pengetahuan yang telah dipelajari, dan paling penting kamu harus bisa mengelola tingkat stress yang timbul akibat ujian nasional tersebut dengan cara yang telah disebutkan di atas.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.