5 Alasan Kenapa Sistem Pendidikan di Finlandia Wajib Diterapkan di Indonesia

0
172

Sistem pendidikan di Finlandia sudah dikenal hingga ke seluruh dunia memiliki sistem pendidikan terbaik. Berbeda dengan sistem pendidikan di Indonesia yang masih saja mengalami revisi karena masih belum bisa menyatukan sistem pendidikan di kota dengan sistem pendidikan di pelosok desa.

pendidikan finlandia

Menilik fakta-fakta sistem pendidikan dari Finlandia yang menakjubkan, tidak ada salahnya kita coba jadikan referensi untuk kemajuan sistem pendidikan di Indonesia. Hal ini karena sistem sekolah di Finlandia telah menjadi nomor satu di dunia dan telah mengalahkan sistem sekolah di Amerika Serikat serta berbagai negara maju lainnya. Untuk mengetahui sistem terbaik tersebut, simak ulasan berikut.

baca juga : Tips meningkatkan semangat belajar

Sistem Pendidikan di Finlandia yang Perlu Diketahui dan Ditiru

Tidak Masuk Sekolah Formal Sebelum Anak Genap Berumur 7 Tahun

Masyarakat Finlandia bahwa anak-anak dapat mengembangkan kreativitas melalui kegiatan bermain dengan teman sebayanya, bersosialisasi, dan berimajinasi. Sebelum anak masuk ke sekolah formal, terlebih anak ditekankan pada permainan yang menambah imajinasi serta kemampuan bersosialisasi pada masa pra sekolah.

Di Indonesia, ada beberapa anak yang belum genap berumur 7 tahun namun sudah diperbolehkan masuk sekolah dasar, usia di bawah 7 tahun cenderung memiliki sifat mudah jenuh dan tidak optimal jika dimasukkan ke dalam pendidikan formal. Alangkah baiknya anak masuk sekolah dasar jika telah genap berusia 7 tahun.

Tidak Diberi Pekerjaan Rumah dan Tes Wajib

Pendidikan di Finlandia tidak mengenal istilah tes kenaikan kelas hingga ujian nasional hingga usia mereka mencapai 17 hingga 19 tahun. Penilaian yang diambil hanya menurut pertimbangan guru saja, penilaian yang diambil juga tidak mempengaruhi peringkat maupun kelulusan. Namun, penilaian tersebut diambil untuk memperbaiki sistem pembelajaran untuk siswa agar menjadi lebih baik.

Semua siswa di Finlandia tidak dibebani dengan pekerjaan rumah, tugas, hingga tes, kecuali mereka telah berumur remaja maka mereka akan diberi satu tes. Berbeda dengan pendidikan di Indonesia, siswa kelas 1 sekolah dasar bahkan sudah diberi tugas dan dibebani dengan tes kenaikan kelas.

Menyamaratakan Kemampuan Siswa

Sistem pendidikan di Finlandia tidak membeda-bedakan keunggulan siswa pandai maupun tidak, tetap diajarkan di kelas yang sama. Di negara Finlandia tidak ada istilah dikotomi siswa pintar dan siswa kurang pintar maupun siswa kaya dan siswa kurang mampu. Semua siswa berada di dalam kelas yang sama dan diberi porsi yang sama, sehingga semua siswa akan menghargai satu dengan yang lain.

Diberi Waktu Istirahat yang Cukup

Setiap satu mata pelajaran selesai, siswa di sekolah Finlandia di beri waktu istirahat 15 menit. Jika ditotal, dalam sehari seluruh siswa di Finlandia mendapat waktu istirahat 75 menit. Dengan diberikannya waktu istirahat yang cukup, tujuannya yaitu untuk memberikan waktu bagi siswa agar berinteraksi dengan teman-temannya serta membantu fikiran siswa agar lebih fokus lagi.

baca juga : Tips melanjutkan kuliah di luar negeri

Berbasis Kesetaraan

Pendidikan di Finlandia mendapat perhatian khusus dari pemerintahnya. Dengan dibantu pemerintah maka mereka membentuk slogan “pendidikan untuk semua”, sehingga semua anak di Finlandia mendapat kesempatan yang sama bahkan hingga mengenyam pendidikan perguruan tingkat tinggi. Hal ini karena pemerintah di Finlandia tidak membeda-bedakan semua anak dari kalangan manapun.

Demikian beberapa penjelasan mengenai alasan sistem pendidikan di Finlandia yang harusnya bisa diterapkan di Indonesia agar menjadi lebih maju dan terorganisir. Hal yang telah terbukti menjadi keunggulan negara Finlandia dan tidak ada salahnya negara kita mencoba sistem pendidikan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.