4 Tips Menjaga Stamina Kerja Meski Liburan Telah Usai

0
191

Stamina Kerja adalah hal penting untuk terus dijaga. Bagaimana tidak? Stamina  menjadi penentu produktivitas sebuah pekerjaan yang akan dilakukan. Setiap pekerja tentu punya beragam cara berbeda untuk memastikan stamina mereka tetap stabil. Salah satu waktu yang memang banyak menguras stamina adalah liburan. Oleh sebab itu, perlu pemulihan dan menjaga stamina saat liburan usai.

Bagaimanapun ceritanya, stamina akan selalu bersangkutan dengan semangat kerja. Hanya stamina kerja yang prima lah yang mampu memberikan hasil kerja yang maksimal. Oleh sebab itu, bukan hal yang sembarang jika menginginkan stamina tetap stabil dan terjaga. Perlu dilakukan hal-hal yang memang bisa membuatnya terjaga, baik itu dari segi olah fisik maupun makanan yang dikonsumsi.

baca juga : Tips agar karir dalam kerja lebih baik

Beberapa Tips Menjaga Stamina Kerja Meski Liburan Telah Usai

Aktif Bergerak

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah aktif bergerak. Lakukanlah pergerakan yang bisa membuat peregangan pada bagian leher. Biasanya tekanan kerja yang tinggi akan membuat leher menjadi kaku. Jadi memang baik apabila bisa aktif bergerak dan membuat semua bagian tubuh bisa relaks. Hal demikian tentu saja bisa membantu stamina akan tetap terjaga sebab oleh tubuh terus dilakukan.

Bukan tanpa alasan, mengapa aktif bergerak dijadikan salah satu tips untuk menjaga stamina. Bahkan sudah banyak penelitian yang membuktikan dengan aktif bergeraknya tubuh, maka baik itu gerakan ringan maupun olahraga di rumah turut serta akan memicu peningkatan energi seseorang. Biasanya, mereka yang aktif secara fisik tidak akan gampang lelah. Tentu saja ini harus dicoba.

Luangkan  Waktu Berada di Luar Ruangan

Selanjutnya adalah meluangkan waktu untuk berada di luar ruangan. Hal demikian tentu saja sangat beralasan karena bisa meningkatkan stamina tubuh. Bahkan hal demikian didukung oleh dr. Jeffrey Durmer yang mana ia seorang kepala petugas medis di FusionSleep Center. Dijelaskan olehnya bahwa pancaran sinar matahari dapat menstimulasi kerja otak.

Hal ini akan berguna untuk memberi isyarat pada tubuh dan meningkatkan energinya. Otak akan menjadi lebih segar karena tidak berkepanjangan di dalam ruangan. Pasalnya, sinar matahari juga bisa menghentikan produksi hormon melatonin, yang mana hormon ini bisa memicu rasa kantuk. Akhirnya, tubuh menjadi  lebih bertenaga dan tidak mudah kelelahan.

Memenuhi Cairan Tubuh

Tentu saja tidak akan diperkenankan kesibukan menjadi alasan untuk tidak memperhatikan cairan tubuh. Jangan sampai tubuh dehidrasi karena terlalu sibuk bekerja. Nyatanya, saat tubuh mengalami dehidrasi, maka stamina pun akan berkurang. Hal inilah yang seharusnya dihindari dan tidak boleh dilakukan. Pastikan bahwa stamina kerja tetap terjaga dengan kondisi cairan tubuh yang juga terjaga.

Jangan sampai padatnya aktivitas yang harus Anda jalani, sampai membuat Anda lupa dengan kebutuhan diri sendiri, salah satunya minum. Bahkan lebih parahnya, jika kekurangan cairan, konsentrasi pun akan hilang dengan sendirinya.  Tentu suatu hal yang buruk dalam dunia kerja.

baca juga : Kesalahan yang dapat merusak karir pekerjaan

Mengenali Jam Tubuh

Penyebab stamina untuk bekerja menurun ialah kurang mampu mengenali jam tubuh. Kelelahan pun sering terjadi yakni sebab terlalu banyak memforsir kerja tubuh. Meskipun terkadang sulit untuk menentukan kapan waktu tubuh memerlukan istirahat. Setidaknya ada usaha untuk menata jam istirahat tubuh menjadi lebih baik. Hal ini akan lebih dimungkinkan untuk menjaga stamina tetap baik.

Jangan lupa untuk memberi jeda di tengah-tengah kesibukan yang tengah terjadi.  Walaupun itu hanya dengan duduk santai atau bahkan menutup mata sejenak. Meski demikian, hal sederhana ini bisa membuat stamina kerja lebih baik dan tubuh lebih terforsir dalam mengenali jadwal pekerjaan yang padat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.