4 Manfaat Penting Mengkonsumsi Buah dan Sayur Setiap Hari

Agar tubuh kita tidak rentan terhadap penyakit, maka kita perlu mengatur pola makan dan asupan makanan kita dengan baik. Jika ada yang mengabaikan hal ini, maka jangan heran jika kita akan lihat ada orang yang memiliki banyak sekali penyakit di usianya yang masih muda.

Nah, salah satu jenis asupan makanan yang sangat penting untuk Anda konsumi adalah buah dan sayur. Seberapa penting sih buah dan sayur untuk tubuh kita? Dan sebenarnya, secara spesifik apa saja manfaat dari buah dan sayur ini? Tentunya disamping manfaatnya sebagai sumber vitamin dan mineral ya! Untuk lebih jelasnya, kita simak pemaparannya berikut ini.

Manfaat Mengkonsumsi Buah Dan Sayur :

  • Menurunkan Tekanan Darah

Mungkin di antara Anda pernah mendengar bahwa ada buah dan sayur yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Dan ternyata memang benar, buah dan sayur tertentu memang mampu menurunkan tekanan darah, terutama buah dan sayur yang memiliki kandungan potasium yang tinggi.

Baca juga : Tips Mencegah Hipertensi dengan Mudah

4 Manfaat Penting Mengkonsumsi Buah dan Sayur Setiap Hari

4 Manfaat Penting Mengkonsumsi Buah dan Sayur Setiap Hari

Buah dan sayur apa saja kah yang memiliki kandungan potasium yang tinggi ini? Buah dan sayur itu seperti buah pisang, kentang, buah bit, wortel dan beberapa buah dan sayur lainnya. Jadi, kalau Anda tidak ingin punya tekanan darah yang tinggi, maka rajin-rajinlah mengonsumsi buah dan sayur yang telah disebutkan tersebut.

  • Menurunkan Kadar Kolesterol

Apabila kita memiliki kadar kolesterol yang tinggi, maka ini akan berdampak buruk bagi kesehatan kita secara keseluruhan. Orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi sangat rentan terhadap penyakit jantung. Oleh karena itu, orang yang terlanjur memiliki kadar kolesterol yang tinggi perlu menurunkannya dengan rajin mengonsumsi buah dan sayur.

Buah dan sayur yang cukup efektif menurunkan kadar kolesterol di antaranya adalah sayur labu, sayur bayam dan pear. Namun, Anda jangan salah kaprah ya, buah dan sayur ini hanya efektif menurunkan kadar kolesterol jika dikonsumsi secara rutin. Jadi, rutin-rutinlah mengonsumsi buah dan sayur yang dimaksud untuk tubuh yang lebih sehat.

Baca juga : Pentingnya Cek Kolesterol Darah

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Penyakit akan sangat mudah menyerang tubuh kita, apabila sistem kekebalan tubuh kita menurun. Biasanya sih, tanda bahwa kekebalan tubuh kita menurun yaitu, kita dapat dengan mudah terkena flu. Nah, untuk menjaga agar kekebalan tubuh kita meningkat kembali, maka kita perlu mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin C.

DanĀ  berita yang membahagiakan, buah dan sayur yang kaya vitamin C ini sangat mudah kita dapatkan, sebut saja jeruk dan buah jambu. Jadi karena mudah di dapat, jangan lupa makan buah dan sayur yang mengandung vitamin C ya!

  • Menguatkan dan Menyehatkan Gigi dan Tulang

Dua bagian vital dari tubuh kita yang sangat penting adalah gigi dan tulang, karena jika kedua bagian tubuh ini sakit, maka akan sangat mengganggu sekali aktivitas kita. Dan jika kita tidak ingin bagian tubuh ini sakit, maka perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung kalsium tinggi, seperti bayam, sayur kale dan lobak.

Bagaimana, sangat besar bukan manfaat dari buah dan sayur untuk kesehatan kita? Untuk itu, mulai sekarang pastikan anda mengkonsumsinya setiap hari.

Leave a Reply