3 Tips Jitu Mencari Kerja Tanpa Ijazah

0
27

Tips mencari kerja tanpa ijazah – Mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi mungkin masih menjadi impian bagi beberapa orang. Ijazah pun juga sering menjadi tolak ukur bagi kesuksesan setiap orang. Tapi permasalahannya, tidak semua orang bisa untuk melanjutkan studinya hingga perguruan tinggi. Keterbatasan ekonomi seringkali menjadi penyebabnya.

Lantas, apakah mungkin kita bisa sukses mencari kerja meski tanpa ijazah?

Jawabannya adalah sangat mungkin. Karena ada banyak orang yang bisa sukses tanpa ijazah, misalnya Bill Gates, Ibu Susi Mentri kelautan, dan lain sebagainya. Bahkan sebagian dari orang-orang tersebut hanya mengenyam pendidikan hingga bangku sekolah dasar, atau sekolah menengah pertama, dan juga sekolah menengah atas.

Tapi anda juga tetap harus ingat, bahwa pendidikan itu juga penting. Jangan karena ada orang yang sukses tanpa ijzah, anda jadi ikut-ikutan. Konsepnya begini. Jika anda mampu atau mempunyai kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ketingkatan yang lebih tinggi, maka lakukan. Tapi, jika anda memang benar-benar tidak bisa, anda juga tidak boleh frustasi atau bersedih. Karena masih ada kesempatan untuk sukses bhakan tanpa ijazah.

Tips mencari kerja tanpa ijazah
Tips mencari kerja tanpa ijazah

Nah, kesuksesan sebenarnya bisa kita dapatkan dengan berbagai cara, bahkan bagi anda yang sedang mencari kerja tanpa mempunyai ijazah. Pada kesempatan kali ini akan kami jelaskan beberapa tips mencari kerja tanpa ijazah. Dengan harapan, setelah membaca ini, anda tidak lagi menganggur dan segera meraih kesuksesan.

Trik mencari kerja meski tanpa ijazah

  1. Segeralah Bangun Reputasi Anda Dengan Pengalaman dan Portofolio, Mulai Dari Sekarang.

Curriculum vitae (CV) biasanya menjadi hal pertama yang dilihat oleh para HRD ketika anda melamar kerja. Nah, sekarang coba bayangkan.

Jika ada dua CV di hadapan para HRD, yang pertama tidak punya gelar, tidak punya portofolio, dan tidak punya pengalaman. Sedangkan yang kedua juga tidak punya portofolio dan pengalaman, tetapi dia mempunyai gelar. Mana yang akan HRD pilih? Pasti yang kedua kan.

Baca juga : Tips Sukses Melamar Kerja Via Email

Dari sini kita bisa melihat, bahwa pengalam dan portofolio merupakan kesempatan kita untuk bisa mengungguli orang yang memiliki gelar. Untuk mendapatkannya pun tidak terlalu sulit, anda bisa melakukan beberapa hal ini :

  • Buatlah sebuah blog atau website sebagai saran anda untuk membangun portofolio.
  • Kemudian, jadilah seorang freelancer dengan mencari project di situs-situs freelance seperti Sribulancer atau Projects.
  • Jangan lupa untuk selalu mengikuti seminar, workshop, magang, kursus, dan juga pelatihan untuk mendapatkan sertifikat.

Dengan melakukan berbagai hal tersebut, anda dapat membuka mata para HRD tentang skill yang anda miliki. Selain itu, anda juga bisa membuat para HRD lebih yakin kalau anda juga bisa mengerjakan tugas-tugas yang nantinya diberikan.

Yang perlu anda perhatikan sekarang adalah tetap fokus. Anda harus tetap fokus dengan bidang yang ingin anda geluti. Pilihlah satu bidang yang ingin anda kuasai sebelum melakukan hal-hal diatas.

Anda tidak disarankan untuk berpindah-pindah bidang, karena hal itu hanya akan membuat anda tidak bisa expert pada suatu bidang.

  1. Carilah Skill Atau Ilmu yang Tidak Diajarkan Saat di Bangku Sekolahan

Mempelajari skill atau ilmu yang tidak umum ternyata bisa membuat anda lebih berpeluang besar saat berhadapan dengan orang yang mempunyai ijazah. Tapi ingat, anda tidak boleh memaksa diri anda untuk menyukai sebuah bidang tertentu. Karena untuk tips mencari kerja tanpa ijazah yang satu ini adalah satrategi jangka panjang.

Dengan terus meningkatkan skill atau ilmu yang anda miliki, bisa membuat anda semakin bernilai di mata para HRD. Untuk berjaga-jaga, anda juga harus mempunyai plan alternatif agar saat strategi jangka panjang anda tidak berjalan mulus, anda masih punya langkah lain yang bisa menyelamatkan anda.

Misalnya dengan berbisnis online. Sembari anda membangun portofolio dan pengalaman yang kadang kurang menentu, anda juga bisa menjalankan bisnis online. Dengan melakukan ini, anda bisa menghasilkan beberapa rupiah sebagai pemasukan anda.

  1. Saat Menjadi Freelancer, Pasanglah Bayaran yang Masuk Akal

Saat anda mencari pekerjaan freelance di beberapa situs seperti Sribulancer atau Projects, biasanya ada beberapa job yang menawarkan harga kepada freelancer. Nah, saat anda menemui hal in, anda harus bijak dalam menuliskan bayaran untuk diri anda. Sesuaikan dengan skill, ilmu, dan pengalaman yang anda miliki. Sertakan beberapa sertifikat atau bukti jika anda bisa mengerjakan tugas yang diberikan dan layak untuk dibayar dengan harga tinggi.

Baca juga : Tips Sukses Mencari Kerja di Jakarta Dalam Waktu Singkat

Nah, itulah diatas beberapa tips mencari kerja tanpa ijazah yang bisa anda lakukan. Ingat, memiliki pendidikan tinggi ataupun tidak, keduanya sama-sama berpeluang untuk meraih kesuksesan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.