LiburanLiburan Asik !!

12 Tips Liburan ke Luar Negeri Pertama Kali Agar Tidak Terlupakan

Apakah Anda sedang berencana untuk traveling ke luar negeri? Pastinya ada banyak hal yang perlu direncanakan. Setidaknya, dengan menerapkan tips-tips liburan ke luar negeri yang tepat, liburan Anda bisa terasa makin asyik. Coba, deh, simak beberapa tips liburan berikut ini agar perjalanan ke luar negeri terasa semakin menyenangkan.

ke luar negeri

Tips Liburan ke Luar Negeri Agar Aman dan Menyenangkan

Mengecek Kesehatan dan Asuransi

Sebelum berangkat, sebaiknya Anda check up lebih dahulu dan bila perlu mendapatkan vaksinasi lengkap. Lalu, tanyakan kepada pihak asuransi Anda apakah dapat digunakan ketika di luar negeri. Jika tidak, maka coba pertimbangkan untuk membayar asuransi kesehatan tambahan.

baca juga : Wisata air terjun lembah bongkok

Membawa Fotokopi Paspor

Jika paspor Anda dicuri atau hilang, Anda tentu ingin tetap bisa pulang ke rumah, bukan. Atau setidaknya, ada dokumen yang bisa membuktikan kewarganegaraan Anda. Maka dari itu, bawa salinan paspor Anda dalam bentuk fotokopi, supaya aman.

Tinggalkan Fotokopi Paspor di Rumah

Selain fotokopi paspor untuk dibawa liburan ke luar negeri, Anda juga perlu untuk meninggalkan fotokopi paspor tersebut di rumah. Titipkan kepada anggota keluarga yang dapat dipercaya. Buat juga salinan scan atau soft copy paspor untuk disimpan di akun email.

Mendaftar di Kedutaan

Apabila terjadi suatu masalah di negara destinasi Anda, akan lebih mudah bagi pemerintah untuk mengontak Anda, serta mengamankan kondisi Anda di sana. Hal tersebut untuk mengantisipasi keselamatan dan kenyamanan Anda sendiri.

Tips Liburan ke Luar Negeri dari Segi Finansial

Memastikan Nilai Tukar Mata Uang

Nilai tukar ini selalu berubah sehingga tidak menentu. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah mengetahui perhitungannya terlebih dahulu. Coba periksa konversi mata uang terkini supaya Anda bisa mengira-ngira bujet yang Anda miliki.

Pastikan Kartu Kredit Berlaku di Negara Tujuan

Bank-bank di Eropa umumnya menerapkan teknologi keamanan yang lebih ketat. Selain itu, tidak sedikit toko-toko di luar negeri yang tidak menerima magnetic stripe card yang sudah jadul. Jadi, coba periksa lagi kartu kredit Anda, ya, sebelum berangkat.

Selalu Bawa Uang Cash

Tidak semua tempat menyediakan fasilitas pembayaran dengan kartu kredit. Contohnya seperti alan transportasi kereta dan bis. Maka dari itu, selalu sediakan uang cash atau tunai untuk Anda bawa ke mana-mana.

Mencari Tahu Informasi Tentang Destinasi

Membeli Tiket Tempat yang Ingin Dikunjungi

Sekarang Anda dimudahkan dengan pembelian tiket secara online. Oleh karena itu, belilah lebih dulu tiket tempat yang ingin Anda datangi. Selain tidak perlu antre, Anda juga berkesempatan mendapatkan berbagai promo menarik untuk pembeli online.

baca juga : Takut naik gunung? berikut tips khusus pemula

Mencari Tahu Tentang Event Setempat

Anda jadi bisa menikmati berbagai event lokal menarik serta paling seru di tempat tujuan Anda. Acara-acara tersebut bisa berupa festival, upacara, dan masih banyak lagi. Satu lagi tips liburan ke luar negeri, yakni mencicipi kuliner lokal yang menggugah selera!

Tips Mengelola Barang Bawaan

Membawa Adapter Charger

Beberapa negara memiliki ukuran plug dan voltase yang berbeda. Jadi, kalau Anda ingin menggunakan iPod Anda, maka pastikan Anda bisa men-charge-nya. Membawa kabel gulungan untuk stop kontak juga memudahkan charging banyak perangkat sekaligus.

Selalu Membawa Baju di Tas Kecil

Selalu bawa baju ekstra di tas kecil yang Anda bawa ke mana-mana. Memang jarang terjadi, namun siapa tahu Anda sedang apes, dan di bandara, koper yang berisi baju-baju Anda hilang. Tidak mungkin Anda memakai satu baju yang sama selama liburan, kan.

Membawa Camilan

Perjalanan ke luar negeri itu menyenangkan. Namun, kadang makanan lokal di tempat tujuan Anda, ternyata rasanya tidak cocok di lidah. Selalu bawa snack atau camilan untuk mengganjal perut ketika Anda sedang mencari restoran setempat yang cocok.

Demikianlah tips-tips liburan ke luar negeri agar perjalanan Anda semakin menyenangkan. Selamat berlibur.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.